Sukat, Ritmis dan Tempo

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan tips tentang penjeasan mengenai sukat, ritmis dan tempo dan bagaimana cara membaca sukat, ritmis dan tempo pada sebuah karya musik. Untuk lebih jelasnya, silahkan lanjutkan membac postngan ini.

Membaca sukat, ritmis, dan tempo sangatlah penting bagi seorang pemusik. Karena dengan mengetahui hal-hal tersebut, sebuah karya dapat dimainkan dengan benar, baik itu tempo, ritmis dan maknanya.


A. SUKAT/TANDA BIRAMA
  • Sukat adalah tanda baca dalam sebuah scores atau partiture yang menentukan ketukan pada lagu tersebut. 
  • Tanda Birama atau disebut juga time signature adalah tanda untuk menentukan jumlah hitungan dan nilai setiap hitungan pada setiap birama. 
  • Tanda birama ditempatkan pada awal musik. berisi dua angka dimana angka yang satu diletakkan sebelum angka yang lainnya. 
  • Angka yang di atas menunjukkan jumlah ketukan pada setiap ruas birama. 
  • Angka yang di bawah merupakan satuan nilai not yang dijadikan patokan tempo, 
  • misalnya tanda birama 4/4 dapat kita artikan bahwa dalam satu birama terdapat 4 not 1/4. Untuk tanda birama 2/4 berarti dalam satu birama terdapat 2 not seperempat dst.
sukat 4/4
Dari gambar diatas dapat di simpilkan bahwa sukat/tanda birama yang digunakan adalah 4/4. Yaitu, bahwa dalam satu birama terdapat 4 not 1/4.



B. RITMIS

G.1 ritmis 
G.2 ritmis

Ritmis adalah pola ketukan (irama) dalam sebuah karya. Didalam materi ritmis, yang akan dipelajari adalah pola bunyi dalam setiap ketuk dan birama. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar diatas.

C. TEMPO

Tempo adalah ukuran keepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan ini, dapat di hitung dengan alat yang bernama metronome. Tempo sangatlah penting karena, tempo adalah penentu kecepatan sebuah karya saat di mainkan. Jadi apabila tempo yang di mainkan sesuai, hasil permanan juga akan lebih dinikmati. Tempo biasanya sudah tertera atau tecantum dalam scores/pertiture music.


Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi anda, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Instrument Musik Saxophone