Mengenal Musik Bagian 2 - Sejarah Musik

j.s.bach
Sebelum musik mejadi mudah di nikmati oleh telinga kita, ternyata musik telah melalui beberapa tahapan "zaman" yang mana pada zaman-zaman tersebut tidak semua orang bisa menikmati musik yang dibawakan oleh para musisi dunia. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan dibawah ini.






Zaman Perkembangan Musik Dunia

w.a.mozart
1. Musik Zaman Abad Pertengahan.
Abad pertengahan merupakan sejarah berakhirnya zamankerajaan romawi pada 476 M sampai zaman reformasi agama Krtisten oleh Marthen Luther pada 1572 M.

2. Musik Zaman Renaisance (1500 - 1600).
Renaisance mempunyai arti, yaitu: kelahiran atau kembalinya tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi saat itu.


haydn
3. Musik Zaman Barok dan Rokoko (1600 - 1750).
Kemajuan dan perkembangan musik pada zaman pertengahan ditandai dengan adanya beberapa aliran musik baru, seperti: Barok dan Rakoko.






beethoven
4. Musik Zaman Klasik (1750 –  1820).  
Ciri  –  ciri  zaman  klasik,  yaitu:  Penggunaan dinamika dalam sebuah instrumen menjadi lebih lembut (Crassendo dan Decrasscendo), perubahan tempo semakin  cepat  (accelerando), dan  lembut  (Ritarteando), terbatasnya  penggunaan Ornamentik, dan  adanya penggunaan Accord  3  nada. 

5. Musik Zaman  Romantik (1820 - 1900)
Musik  romantik  digunakan untuk  lebih baik  lagi dalam mencapai keindahan nada – nada,  lebih tepatnya  lagi  digunakan  sebagai  cara  untuk  mengungkapkan  perasaan.




Ternyata begitu banyak zaman yang harus dilalui musik untuk bisa dinikmati seperti sekarang ini. Jadi, jangan anggap remeh para musisi-musisi dunia. karena tanpa mereka takkan ada perkembangan musik didunia ini.

kunjungi juga chanel musik (r art)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukat, Ritmis dan Tempo

Sejarah Instrument Musik Saxophone