Cara Menyetem Gitar (tuning)

Pada materi kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mentuning/menyetem instrument musik gitar. harap diperhatikan dengan baik dan benar agar anda dapat memahami bagaimana cara mentuning instrument musik ini dengan baik dan benar.




Tuning gitar atau sering di sebut dengan “ menyetem gitar” sangatlah penting bagi gitaris-gitaris pemula. Karena hal ini sangat berpengaruh dalam memainkan sebuah karya music. Apabila kita di tuntut untuk memainkan sebuah kara music namun gitar kita belum tuning, maka permainan yang di tampilkan pasti akan berantakkan dan tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Oleh karena itu tuning gitar sangatlah penting bagi gitaris pemula.

Sebelum kita mempelajari tuning gitar, hal yang wajib kita ketahui adalah urutan-urutan nada dari dawai yang terpasang. Urutan-urutan tersebut yang akan menjadi acuan pada saat kita melakukan tuning gitar.

A. Macam-Macam Teknik Menyetel Senar Gitar

1. Menyamakan Bunyi Dawai Dengan Patokan Fret Dan Open String

  • Menyamakan Nada E
  • Menyamakan Nada A 
  • Menyamakan Nada D 
  • Menyamakan Nada G 
  • Menyamakan Nada B 
  • Menyamakan Nada E

Dengan Penjelasan Sebagai Berkut :


Keterangan :

  1. Urutan dawai dari bawah yaitu 1,2,3,4,5,6. 
  2. Urutan nada dawai jika di petik dari dawai yang paling bawah “open strings” adalah E,B,G,D,A,E. 
  3. Nada pokok yaitu nada A (dawai no.5) = 440 (tegangan senar)
  4. Tuning dawai nomor 6 (E) = tekan dawai di antara frets 6 dan frets 7 dawai no.5 , lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 6 (E). 
  5. Tuning dawai nomor 5 (5) = tekan dawai di antara frets 4 dan frets 5 dawai no.6, lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 5 (A). 
  6. Tuning dawai nomor 4 (D) = tekan dawai di antara frets 4 dan frets 5 dawai no.5, lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 4 (D). 
  7. Tuning dawai nomor 3 (G) = tekan dawai di antara frets 4 dan frets 5 dawai no.4, lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 3 (G). 
  8. Tuning dawai nomor 2 (B) = tekan dawai di antara frets 3 dan frets 4 dawai no.3, lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 2 (B). 
  9. Tuning dawai nomor 1 (E) = tekan dawai di antara frets 4 dan frets 5 dawai no.2, lalu samakan bunyi dengan dawai nomor 1 (E). 
2. Menyamakan Bunyi Dawai Dengan Patokan Fret Dan Harmonic

Harmonic adalah tekhnik membunyikan dawai tanpa menekan dawai tersebut yang menghasilkan nada 1 oktaf lebih tinggi dari nada aslinya. Jadi praktek tuning dengan tekhnik harmonic pada gitar, dilakukan dengan cara menyentuh dawai dengan posisi diatas fret dan tetap di petik seperti biasa.
  • Harmonic Menyamakan Nada Dawai 6 fret 5 dan Dawai 5 fret 7 
  • Harmonic Menyamakan Nada Dawai 5 fret 5 dan Dawai 4 fret 7 
  • Harmonic Menyamakan Nada Dawai 4 fret 5 dan Dawai 3 fret 7 
  • Harmonic Menyamakan Nada Dawai 6 fret 7 dan Dawai 2 open string 
  • Harmonic Menyamakan Nada Dawai 6 fret 5 atau 2 fret 5 dan Dawai 1 fret 7
jadi begitaulah cara-cara menyetem instrument musik gitar,. karena instrument musik ini agar bisa dimainkan dengan benar dan dapat dinikmati, harus dalam keadaan tune / sudah di tuning.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukat, Ritmis dan Tempo

Sejarah Instrument Musik Saxophone